Cara Merawat Kucing Bagi Pemula

Untuk menyikat giginya, Anda membutuhkan sikat gigi berbulu halus dan pasta gigi khusus. Kandungan fluorida yang terlalu tinggi dapat memicu gangguan pada perut kucing. Dengan konsentrasi fluorida yang tinggi pada pasta gigi manusia, takaran berlebih justru dapat beracun bagi kucing.

Ini bagus juga karena riwayat kesehatannya jadi tercatat, dan memastikan mereka aman untuk tinggal di rumah,” ungkap Yusuf saat dihubungi. Meskipun kucing dikenal karena sifatnya yang mandiri, ada ikatan khusus yang terbentuk jika dipelihara dengan baik antara kucing dengan pemiliknya. Ketika dirimu belajar untuk menghormati batas-batas kucing dan memberinya cinta dan perhatian yang tepat, itu sama dengan ikatan yang dirimu bentuk dengan orang lain.

Memiliki kucing mirip dengan memiliki pasangan yang romantis. Kucing sering disalahpahami dan dapat dilihat sebagai hewan yang dingin, tetapi mereka serumit manusia, oleh karena itu, mempelajari cara memelihara mereka adalah penting. Meski demikian ketika dirimu membentuk persahabatan khusus dengan kucing itu seumur hidup, yang pada gilirannya dapat mengurangi kesepian yang dialami.

Awali dengan memberikannya sedikit pasta gigi dari dokter hewan. Setelah itu, biarkan ia mencicipinya sendiri, kemudian gosokkan jari Anda pada gusi atasnya. Tempelkan bulu sikat ke sepanjang garis gusi di gigi atas belakang, kemudian miringkan sedikit sikat agar bulunya mengenai bagian bawah garis gusi. Bersihkan gigi dari bagian belakang ke arah depan dengan gerakan memutar di sekitar garis gusi.

Semua pemilik kucing disarankan memberikan vaksinasi enteritis kucing , flu kucing, dan virus leukimia kucing . Semua penyakit tersebut dapat membunuh si pus jika ia terinfeksi sehingga penting bagi Anda untuk melindunginya. Beberapa pusat penitipan kucing juga mungkin tidak akan menerima kucing Anda tanpa bukti vaksinasi di atas . Dokter hewan dapat menyarankan dengan cepat vaksinasi yang dibutuhkan oleh si pus. Mintalah saran dari dokter hewan mengenai makanan yang berkualitas tinggi.

Proses penyikatan gigi kucing memakan waktu kurang dari 30 detik.Jangan langsung mencoba menyikat seluruh mulutnya. Jika si pus hanya membiarkan Anda menyikat bagian luar gigi atasnya, setidaknya ini lebih baik daripada tidak sama sekali. Anda tetap bisa menangani hal paling penting untuk mencegah penyakit gigi. Lakukan kunjungan ke dokter hewan yang lebih sering untuk anak kucing. Seperti halnya bayi manusia, anak kucing harus lebih sering dibawa ke dokter hewan daripada kucing dewasa.

Pertimbangkan kondisi kucing yang masih kecil atau sudah tua. Perlu diingat bahwa anak kucing dan kucing tua yang mengidap artritis atau gangguan kesehatan lainnya mungkin kesulitan untuk masuk dan keluar dari kotak yang terlalu tinggi. Gunakan kotak dengan dinding rendah dan letakkan di tempat-tempat yang mudah dijangkau anak kucing atau kucing dengan kebutuhan khusus.

Sejak usianya mencapai sekitar 8 minggu, kucing membutuhkan 2-3 kunjungan ke dokter hewan untuk mendapatkan rangkaian vaksinasi dan penanganan anticacing. Setidaknya, kunjungan ke dokter hewan mencakup pemberian vaksin distemper atau rabies. Seperti halnya anggota keluarga Anda, kucing juga membutuhkan kunjungan medis. Namun, tidka seperti anak-anak, kucing tidak bisa memberi tahu kita saat merasa sakit. Ia bergantung kepada manusia untuk dibawa ke dokter hewan dan mendapatkan pemeriksaan medis berkala agar kesehatannya tetap terjaga.

Sering terjadi jika anda mengetahui cara merawat bayi kucing dan anjing sekaligus, biasanya karena alasan menghemat biaya, anda hanya akan membeli makanan untuk satu jenis hewan saja. “Kalau mau memelihara anjing ataupun kucing, penting untuk memerhatikan kesehatannya. Dicek dulu kesehatan secara umum atau jika memang perlu ada penanganan khusus.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *