Telaga Sarangan Magetan: Wisata Danau yang Mempesona

Telaga Sarangan Magetan merupakan lokasi wisata terkenal dan populer. Keindahan telaga dan berbagai fasilitas yang tersedia cocok sebagai tujuan wisata anda.

Sudah sejak lama sekali telaga Sarangan menjadi tempat wisata yang terkenal di Magetan. Saat ini kondisi lokasi wisata ini semakin menarik dan semakin indah dibanding beberapa tahun silam. Telaga ini terletak di lereng gunung Lawu, Plaosan, Magetan, Jawa Timur. Dari kota Magetan sampai ke telaga berjarak sekitar 16 km ke arah barat. Luas telaga ini adalah sekitar 30 hektare dengan kedalaman 28 meter. Suhu udara di sekitar telaga berada pada 15 sampai 20 derajat celcius. Banyak hal yang menjadi daya tarik dari wisata telaga Sarangan Magetan ini. Pada artikel kali ini akan dibahas informasi lengkap mengenai wisata tersebut.

Mitos dan Legenda Telaga Sarangan Magetan

Keindahan telaga Sarangan mempunyai mitos yang dipercaya oleh sebagian masyarakat sebagai awal mula terbentuknya telaga atau danau ini. Misteri telaga sarangan dimulai dari sepasang suami istri yang terkenal dengan sebutan Kyai Pasir dan Nyai Pasir. Mereka berdua hidup di dekat kaki gunung Lawu. Pada suatu hari sang kyai menemukan sebutir telur yang tergeletak di ladang miliknya. Kemudian telur itu dibawa pulang dan dimasak oleh sang istri keesokan harinya. Telur tersebut dibagi dua,masing-masing mendapatkan setengah bagian. Kyai Pasir membawa telur bagiannya sebagai bekal untuk dimakan di ladang. Terjadi hal yang aneh setelah mereka memakan telur tersebut.

Nyai Pasir merasa badannya sakit dan gatal, lalu ia memutuskan untuk memeriksa keadaan suaminya di ladang. Disana ia menjumpai sang suami telah berubah menjadi seekor naga. Keduanya merasa kesakitan dan berguling-guling di tanah sehingga membentuk sebuah cekungan yang besar. Karena mereka terus berguling, cekungan tersebut menjadi semakin dalam dan akhirnya mengeluarkan air. Sejak saat itulah terbentuk sebuah telaga yang saat ini dikenal sebagai telaga Sarangan.

Pesona Wisata Telaga Sarangan Magetan

Saat berwisata kesini, anda bisa menikmati keindahan telaga dengan menaiki perahu , speed boat, atau becak air yang sengaja disediakan untuk pengunjung. Pihak pengelola telah menyediakan lebih dari 50 perahu motor dan lebih dari 10 becak air untuk disewakan. Suasana alam danau yang sejuk sangat pas menjadi tempat rekreasi untuk melepaskan penat. Karena danau ini termasuk dalam, anda harus tetap berhati-hati saat berada di sekitar danau. Apalagi jika anda membawa anak kecil saat berwisata kemari. Pastikan mereka selalu ada dalam pemantauan.

Ada berbagai fasilitas di tempat wisata ini untuk menunjang kenyamanan pengunjung. Mulai dari tempat parkir yang luas, rumah makan, pasar wisata tempat oleh-oleh, tempat bermain, tempat ibadah, sewa kuda, dan taman telah tersedia. Ada beberapa macam penginapan atau hotel di telaga sarangan. Dua hotel berbintang, 43 hotel kelas melati, dan 18 pondok wisata. Anda bisa bermalam di tempat yang anda inginkan selagi berlibur ke lokasi wisata ini. Anda juga bisa menikmati kuliner di 19 rumah makan setelah puas mengelilingi danau. Cobalah hidangan khas di telaga Sarangan ini yaitu sate kelinci.

Ada dua jalan menuju telaga sarangan, yaitu dari arah kota Magetan dan dari Tawangmangu, Karanganyar. Kedua alternatif jalan tersebut menyajikan panorama alam di sepanjang perjalanan. Jalannya berkelok dan mempunyai udara yang sejuk karena banyaknya pepohonan. Menurut informasi terbaru, tiket telaga Sarangan saat ini 10.000 rupiah per orang. Jam operasional dimulai pukul 08.00 hingga 18.00 WIB.

Selain menikmati keindahan telaga anda juga bisa sekalian mengunjungi air terjun Sarangan di kawasan tersebut. Letaknya cukup tersembunyi sekitar 2,5 km dari telaga. Sekian informasi mengenai telaga sarangan Magetan. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *